Halaman

Rabu, 11 Januari 2012

Kumi Koda

Kumi Koda (倖田 來未 Kōda Kumi?, lahir 13 November 1982) adalah penyanyi wanita beraliran pop dan R&B asal Jepang. Namanya mencuat ke permukaan setelah kesuksesan singel ke-7, "real Emotion / 1000 no Kotoba" yang dijadikan lagu tema Final Fantasy X-2.
Nama aslinya adalah Kumiko Koda (神田 來未子 Kōda Kumiko?). Tinggi badan 154 cm. Media massa memuji penampilan dan gaya busananya sebagai "Ero kakko ii" (erotis dan bergaya). Kakak kandung dari misono, mantan vokalis wanita day after tomorrow.

Nama lahir Kōda Kumiko
神田 來未子
Alias Kūtan, Kū-chan
Asal Bendera Jepang Prefektur Kyoto, Jepang
Genre J-pop, R&B, Hip-hop, rock
Pekerjaan penyanyi, penulis lirik
Instrumen Menyanyi
Tahun aktif 2000–sekarang
Label rhythm zone
Artis terkait misono
Exile
Fergie

Awal karier

Koda terdorong untuk menjadi penyanyi karena senang dengan lagu-lagu dari Dreams Comes True. Tahun 1999, Koda mengikuti acara televisi Asayan yang mencari tambahan anggota Morning Musume. Pada waktu itu, Koda masih bersekolah di Sekolah Lanjutan Atas Putri Kyoto Seika Gakuen. Audisi dilewatinya sampai tahap ke-2, tapi Koda lebih dulu memenangi juara umum audisi avex dream 2000. Sebagai pemenang, Koda berhak mengikuti pelajaran teknik vokal, dan mendapat kontrak rekaman dengan avex.
Debut singelnya, "Take Back" dirilis di AS, 6 Desember 2000 dengan memakai nama "Koda". Lagu tersebut masuk di urutan ke-19 tangga penjualan singel Billboard Dance Pop Sales Chart, dan sempat naik setingkat hingga di urutan ke-18. Singel ke-2, "Trust Your Love" langsung memasuki urutan ke-39 tangga lagu Billboard, dan menduduki urutan nomor satu Billboard Dance Pop Sales Chart.
Walaupun sempat masuk Billboard di AS, singel "Take Back" di Jepang hanya memasuki tangga singel Oricon di urutan ke-59. Prestasi singel ke-2, "Trust Your Love" jauh lebih baik, walaupun hanya sampai di urutan ke 18 tangga singel Oricon. Setelah itu, singel ke-3 dan ke-4, "Color of Soul" dan "So Into You" yang dirilisnya ternyata tidak menjadi lagu hit. Setelah itu, Koda memilih untuk tidak ingin tampil di televisi dan hanya menyanyi di klab-klab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar